Sabtu, 28 Desember 2013

KERENTANAN SISTEM

Tugas 3.1
KERENTANAN SISTEM

Kerentanan adalah keadaan dimana suatu objek memungkinkan terkena suatu hal yang beresiko oleh factor – factor yang berkaitan.

Sedangkan sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi, saling terkait atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks.
Kerentana  system adalah kelemahan dalam system. Kerentanan dan penyalahgunaan system ketika sejumlah data penting dalam bentuk digital maka data tersebut rentan terhadap berbagai jenis ancaman, daripada data yang tersimpan secara manual. Ancaman –ancaman tersebut bisa saja berasal dari faktor teknis, organisasi, dan lingkungan yang diperparah oleh akibat keputusan manajemen yang buruk.
Kemajuan dalam telekomunikasi dan perangkat lunak dan keras komputer secara signifikan juga memberikan kontribusi atas meningkatnya kerentanan dan gangguan terhadap sistem informasi. Melalui jaringan telekomunikasi, informasi disebarkan atau dihubungkan ke berbagai lokasi. Kemungkinan adanya akses yang tidak sah, gangguan atau kecurangan dapat saja terjadi baik disatu atau beberapa lokasi yang terhubung. Semakin kompleksnya perangkat keras juga menciptakan kemungkinan terjadinya peluang manipulasi penggunaan sistem informasi.

Beberapa ancaman dan gangguan yang mungkin terjadi dan berpengaruh terhadap system informasi, adalah sebagai berikut :
1.     Kerusakan perangkat keras
2.    Perangkat lunak tidak berfungsi
3.    Tindakan-tindakan personal
4.    Akses ke terminal
5.    Pencurian data atua peralatan
6.    Kebakaran
7.    Permasalahan listrik
8.    Kesalahan-kesalahan pengguna
9.    Program berubah
10. Permasalahan-permasalahan telekomunikasi

Oleh karenanya pengguna komputer disarankan untuk menggunakan anti virus pada komputernya dan secara berkala memperbarui program anti virus.
Semakin meingkatnya kerentanan dan gangguan terhadap teknologi informasi telah membutat para pengembang dan pengguna sistem informasi untuk menempatkan perhatian yang khusus, terutama terhadap permasalahan-permasalahan yang dapat menjadi kendala untuk pengguna sistem informasi.

Referensi :
1. http://ajengrahmap.wordpress.com/2013/11/24/tugas-3-1-kerentanan-sistem/
2. www.wikipedia.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar