Sabtu, 28 Desember 2013

HAMBATAN AKTIF DAN CONTOHNYA

Tugas 3.2

HAMBATAN AKTIF DAN CONTOHNYA

Hambatan adalah eksploitasi potensial. Hambatan aktif mencakup kecurangan sistem informasi dan sabotase komputer.

Metode yang digunakan dalam melakukan kecurangan sisitem informasi :

1.      Manipulasi input
Manipulasi input merupakan metode yang biasa digunakan . Metode ini mensyaratkan kemampuan teknis yang paling minimal. Seseorang bisa saja mengubah input tanpa memiliki pengetahuan mengenai cara operasi sistem komputer.

2.    Mengubah Program
Merubah program mungkin metode yang paling jarang digunakan untuk melakukan kejahatan komputer. Langkanya pengguna metode ini mungkin karena dibutuhkan keahlian pemrograman yang hanya dimiliki oleh sejumlah orang yang terbatas. Selain itu, banyak perusahaan besar memiliki metode pengujian program yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan dalam program.

3.   Mengubah File secara langsung
Dalam beberapa kasus, indvidu-individu tertentu menemukan  cara untuk memotong (bypress) proses normal untuk menginputkan data kedalam program komputer. Jika hal itu terjadi maka hasilnya adalah bencana.

4.   Pencurian Data
Sejumlah informasi ditransmisikan antar perusahaan melalui internet. Informasi ini rentan terhadap pencurian pada saat transmisi. Informasi bisa saja disadap. Ada juga kemungkinan untuk mencuri disket atau CD dengan cara menyembunyikan disket atau CD kedalam kantong atau tas.  Laporan yang tipis juga bisa dicuri dengan dimasukkan kedalam kotak sampah.

5.   Sabotase
Seorang penyusup menggunakan sabotase untuk membuat kecurangan menjadi sulit dan membingungkan untuk diungkapkan. Penyusup mengubah database akuntansi dan kemudian mencoba menutupi kecurangan tersebut dengan melakukan sabotase terhadap hardisk atau media lain.

6.   Penyalahgunaan atau Pencurian Sumberdaya Informasi
Salah satu jenis penyalahgunaan informasi terjadi pada saat seorang karyawan menggunakan sumberdaya komputer organisasi untuk kepentingan pribadi.

Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar