BAB 2
E-COMMERCE
2.1 Perdagangan
Melalui jaringan Elektronik
1. Manfaat perdagangan melalui jaringan
elektronik
1.
Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan
transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hamper setiap lokasi.
2.
Electronic commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka
bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
3.
Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada
pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan
secara cepat.
4. Dalam
beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, electronic
commerce menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
5.
Pelanggan bisa menerima informasi relevan secar detail dalam hitungan detik,
bukan lagi menjadi hari.
6.
Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual
auction).
7.
Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi
dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta
berbagai pengalaman.
8.
Electronic commerce memudahkan persaingan yang pada akhirnya akan menghasilkan
diskon secara substansial.
1.
Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja didalam rumah dan tidak
banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan
lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
2.
Electronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga
lebih rendah,sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan
meningkatkan taraf hidup mereka.
3.
Electronic commerce memungkinkan orang di Negara-negara dunia ketiga dan
wilayah pedesaan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka
dapatkan tanpa Electronic commerce. Ini juga termasuk peluang untuk belajar
berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
4.
Electronic commerce memfasilitsi layanan public, seperti perawatan kesehatan,
pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan
biaya yang lebih rendah, dan atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan
perawatan kesehatan, misalnya bisa menjangkau pasien daerah pedesaan.
1.
Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena
itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan
2.
E-COMMERCE menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan
yang elakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tersebut tidak digunakan
untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan
dengan jenis bisnis tradisional.
Singkatnya dari semua yang telah dijelaskan dibagian atas tersebut manfaat dan keuntungan yang didapatkan dari E-COMMERCE adalah sebagai berikut :
Singkatnya dari semua yang telah dijelaskan dibagian atas tersebut manfaat dan keuntungan yang didapatkan dari E-COMMERCE adalah sebagai berikut :
• Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
• Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tampa kesalahan, tepat waktu.
• Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
2. Kendala perdagangan melalui jaringan
elektronik
1. Biaya Tinggi, maksudnya ialah untuk melakukan
atau membuka perdagangan secara online itu sangat membutuhkan biaya yang tidak
sedikit,karena itu biasa nya bisnis ini di lakukan oleh kalangan menengah
keatas,tetapi ada juga dari kalangan menengah kebawah untuk menekuni bisnis
ini.
2. Masalah Keamanan,yang di maksud adalah dalam
e-commerce masalah keamannya masih banyak yang di ragukan,banyak juga yang
pihak-pihak nakal yang mengsalah gunakan system seperti ini,dengan menipu si
korban untuk melakukan apa saja,maka dari itu ini merupakan kendala yang sangat
besar.
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak
tersedia,maksudnya ialah masih banyak aplikasi-aplikasi yang kurang mendukung
dalam menjalankan pada e-commerce,dan banyak aplikasinya pun masih terbatas
atau sedikit yang di keluarkan oleh vendor,sehingga ini dapat di katakan
sebagai kendala pada e-commerce.
3. Jalan menuju perdagangan melalui
jaringan elektronik :
1.
Mengumpulkan
intelijen bisnis.
2.
Membentuk
suatu sistem antar-organisasi (IOS).
2.2 Strategi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
a.
SISTEM
ANTAR ORGANISASI (Interorganizatonal System-IOS).
b.
PERTUKARAN
DATA ELEKTRONIK (Electronic Data Interchange – EDI).
c.
EXTRANET.
d.
TRANSFER
DANA secara ELEKTRONIK (Electronic Fund Transfer – EFT).
2.3 Sistem
Antar Organisasi(IOS)
Manfaat IOS di bagi menjadi dua yakni,secara langsung dan tidak
langsung. Berikut ini adalah pengertian dari keduanya :
1.
Manfaat
secara langsung IOS :
a.
Efisiensi
komparatif, dapat menyediakan barang dan jasa lebih murah dari pesaing
b.
Efisiensi
internal, perbaikan-pebaikan dalam perusahaan.
c.
Efisiensi
antar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan
perusaahaan lain.
Kekuatan tawar menawar, kemampuan suatu
perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan yang
menguntungkan dirinya. Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar:
a.
Keistimewaan
produk yang unik.
b.
Penurunan
biaya yang berhubungan dengan pencarian.
c.
Peningkatan
biaya peralihan.
2.
Manfaat
secara tidak langsung IOS :
a.
Mengurangi
kesalahan.
b.
Mengurangi
biaya.
c.
Meningkatkan
efisiensi operasional.
d.
Meningkatkan
kemampuan bersaing.
e.
Meningkatkan
hubungan dengan mitra dagang.
f.
Meningkatkan
pelayanan pelanggan.
2.4 Pertukaran Data Elektronik(EDI)
adalah pertukaran langsung dokumen-dokumen
bisnis dari komputer ke komputer, seperti order pembelian dan order penjualan.
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya
(supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side)Set
transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.EDI memungkinkan
terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara
Elektronik.
o Standar EDI.
Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan
ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.
- Dukungan manajemen puncak.
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.
- Dukungan manajemen puncak.
Pemanfaatan EDI di Indonesia nampaknya masih belum mengalami
pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Masih sangat jarang yang
memanfaatkan system ini sebagai salah satu komponen teknologi informasi.
Definisi EDI sendiri ialah pertukaran data secara elektronik antar perusahaan
dengan menggunakan format data standar yang telah disepakati bersama.
Dengan EDI ini perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran data baik didalam internal organisasi ataupun dengan pihak stakeholder. Berikut ini ialah keuntungan yang akan didapatkan organisasi jika menerapkan EDI.
Dengan EDI ini perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran data baik didalam internal organisasi ataupun dengan pihak stakeholder. Berikut ini ialah keuntungan yang akan didapatkan organisasi jika menerapkan EDI.
* Penghematan Biaya : Penghematan ini
didapatkan karena dengan EDI tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya
penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
* Kecepatan : Kecepatan ini didapatkan karena
dengan EDI leadtime pengiriman dokumen hanya kurang dari 1 menit.
* Keakuratan : EDI akan mampu menghasilkan
tingkat akurasi tinggi karena tidak ada entry data ulang. Selain itu sistem EDI
sudah dilengkapi dengan ECC (Error Correction Control) yang akan
mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat segera diperbaiki.
* Keamanan : Penggunaan enkripsi dokumen
membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
* Integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan
dengan perantara EDI. Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan
adanya EDI didalamnya sehingga proses menjadi lebih efisien.
2.5 Teknologi Perdagangan Melalui jaringan
Elektronik
Pilihan Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity),
bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added
network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan
sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan
sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan
komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga
mencakup para pelanggan.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar