2. Bagaimanakah siklus hidup produk? Dan apa hubungan antara siklus hidup produk dengan perancangan produk?
Jawaban: siklus hidup produk pada tahap pertahama adalah tahap pengenalan. Pada tahap ini suatu produk baru diperkenalkan kepada konsumen melalui uji coba pemasaran. Berbagai promosi dilakukan tuk memperkenalkan produk tersebut. Dengan demikian biaya yang dikeluarkan akan ebih besar dibandingkan pendapatan yang diperoleh. Kemudian pada tahap yang kedua merupakan tahap pertumbuhan dengan percepatan, penjualan produk akan menngkat pesat. Hal ini disebabkan oleh respon konsumen terhadap produk tersebut sudah semakin positif. Pada tahap ini pendapatan yang diperoleh juga sangat besar. Pada tahp ketiga merupakan tahap pendewasaan, pada tahap ini penjualan produk akanmencapai titik kejenuhan dimana penjulan produk hanya berkisar pada suatu titik tertentu. Umumnya cara-cara promosi pun tidak akan bisa mendongkrak tingkat penjualan. Pada tahap terakhir yaitu tahap empat merupakan tahap kemunduran dan akhir dari produk tesebut. Jika produsen tidak berupaya melakukan inovasi, maka produk tersebut akan mati begitu saja.
Dari siklus hidup produk tersebut terlihat bahwa perancangan produk memang sangat diperlukan untuk menjaga agar produk tersebut tetap eksis dipasaran. Jika dilihat dari siklus hidup produk tersebut, maka perancangan produk harus dilakukan pada saat produk berada pada tahap kee dua, yaitu tahap pertumbuhan dengan percepatan, karena pada tahap ini produk akan mengalami tingkat penjualan yang pesat dan produsen akan memperoleh keuntungan yang sangat besar. Maka sebaiknya sebagian keuntungan tersebut dialokasikan untuk keperluan proses perancangan. Dengan demkian pada saat produk berada pada tahap akhir (empat) maka produk baru siap untuk dilincurkan guna menggantikan produk yang lama sehingga kelangsungan hidup produk tetap terjaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar